IBX592EBC03DC493

Pengobatan Pertama pada Luka Luar Tubuh


Menjaga kesehatan tubuh tentu menjadi kewajiban kita semua. Namun tak jarang kecelakaan terjadi dan membuat kondisi tubuh menjadi tidak baik. Kecelakaan ini pada akhirnya bisa menimbulkan luka yang tidak diinginkan. Misalnya luka bakar, luka sobekan, ataupun luka jari terpotong pisau. Luka-luka ini bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup parah jika tidak segera diobati.
Karena itu, saat kecelakaan ini terjadi kita harus bisa mengatasinya dengan baik agar luka tidak semakin parah. Penanganan pertama ini harus segera diberikan karena jika luka dibiarkan begitu saja, luka bisa terinfeksi dan terkena bakteri. Penanganan yang bisa kita lakukan terbilang mudah dan tidak membutuhkan banyak alat atau obat. Lantas apa saja langkahnya?

Pertolongan Pertama pada Luka

Pengobatan Pertama pada Luka Luar Tubuh

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan saat akan mengobati luka luar pada tubuh. Langkah ini harus dilakukan secara berurutan agar tidak terjadi infeksi yang parah.
1.  Bersihkan luka dengan air mengalir
Langkah ini akan membuat darah dan kotoran yang ada di luka kembali bersih. Jangan bersihkan luka dengan air dalam wadah karena kotoran justru akan masuk lagi ke dalam luka. Pastikan luka benar-benar bersih dan tidak ada lagi kotoran yang tersisa.

2.  Keringkan Luka
Biarkan luka mengering terlebih dahulu sebelum diolesi obat. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan kasa kering.

3.  Oleskan Obat
Untuk menghindari infeksi dan peradangan berlebih, oleskan antibiotic pada luka. Obat ini akan membuat luka luar lebih lembab dan juga mempercepat penyembuhan. Tak hanya itu, obat antibiotic juga bisa mencegah infeksi terjadi pada luka.

4.  Tutup Luka dengan Kasa
Jika sudah diolesi obat, tutup luka dengan kasa kering. Usahakan cari kasa yang tidak menempel pada luka. Langkah ini bertujuan untuk mencegah kotoran masuk ke dalam luka. Karena jika dibiarkan terbuka, risiko masuknya bakteri akan semakin besar. Ganti kasa secara rutin agar luka bisa segera pulih.

Penanganan di atas bisa dilakukan tanpa harus pergi ke dokter. Jika ragu, Anda juga bisa mencari berbagai informasi seputar penanganan luka di website Gue Sehat yang lengkap dan jelas. Namun jika luka semakin parah, ada baiknya segera kunjungi dokter terdekat.
Pengobatan Pertama pada Luka Luar Tubuh | mariana | 5