IBX592EBC03DC493

Alamat RS PMI Bogor: Berikut Deretan Makanan Penambah Darah

Tubuh manusia memiliki darah dalam tubuhnya, darah pada orang dewasa setidaknya memiliki 5 liter yang terus berputar dalam sistem peredaran darahnya. Donor darah merupakan hal yang tidak asing lagi dimana darah yang didonorkan digunakan untuk membantu pasien yang kekurangan darah, darah yang telah didonorkan mampu bertahan selama 42 hari dan akan diganti dengan sel baru sehingga tubuh akan memiliki kecukupan darah. Donor darah dilakukan oleh PMI dan alamat RS PMI Bogor. sudah mudah ditemui. Berdasarkan data dari Kemenkes, 2,5% dari seluruh jumlah penduduk idealnya memiliki ketersediaan dalam mendonorkan darahnya.

Alamat RS PMI Bogor: Berikut Deretan Makanan Penambah Darah

Proses melakukan donor darah dengan melakukan registrasi menggunakan kartu identitas dan memasukkan nomor yang dapat dihubungi. Selanjutnya melakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan mulai dari tekanan darah, riwayat kesehatan, suhu tubuh maupun kadar hemoglobin. Setelah melalui tahap ini dapat melakukan donor darah dengan memasukkan jarum steril selama 8 hingga 10 menit untuk satu liter darah dalam satu kantong dan petugas akan menutup bekas suntikan dengan menggunakan plester. Untuk pendonor disarankan segera beristirahat, makan dan minum untuk mengisi kekuatan dan volume dalam tubuh. Setelah 5 jam mendonorkan darah maka lepaskan perban pada sikut dan jika terasa sakit dapat mengompresnya selama 24 jam menggunakan air hangat.

Berikut adalah hal yang dihindari saat berniat melakukan donor darah:

  • Tidak boleh menderita penyakit anemia karena persyaratan pendonor adalah 12 gram per desiliter untuk wanita dan 12,5 gram per desiliter untuk pria.
  • Memiliki tato atau tindik yang dilakukan dalam 6 bulan sebelumnya hal ini dikarenakan resiko penyakit tertular pada jarum seperti penyakit hepatitis C dan hepatitis B.
  • Jika baru saja melakukan vaksinasi dalam 24 jam maka jangan mendonorkan darah termasuk vaksinasi virus, jika ingin melakukan vaksinasi dan donor darah sebaiknya mengatur waktunya.
  • Untuk pengonsumsian antibiotik dapat melakukan donor darah setelah 7 hari dan jika efek yang ditimbulkan sudah teratasi.

Untuk pendonor darah maka sebaiknya memiliki minimal 45 Kg dengan usia pendonor mulai dari 17 hingga 60 tahun dan memiliki kondisi yang tubuh sehat. Untuk pendonor maka sebaiknya mengisi perut dan memastikan kadar gula darah tetap stabil dengan makan teratur. Mulai menghindari aktifitas berat melainkan lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai dan istirahat yang cukup dengan jam tidur 7 hingga 9 jam sehingga akan memberikan tubuh yang lebih segar dan menghindari tubuh dari rasa lemas. Donor darah memiliki manfaat untuk dapat merangsang sel darah merah diproduksi dengan stabil dan membantu untuk menurunkan berat badan sehingga dapat digunakan jika ingin melakukan diet.

Berikut adalah makanan untuk pendonor darah:

  • Makanan yang mengandung zat besi sehingga akan membuat sel darah merah sehat seperti daging merah, kacang-kacangan, kismis, bayam maupun ikan.
  • Makanan dengan kandungan folat akan mengganti sel darah yang telah hilang dengan makanan yang mengandung vitamin A dan membantu mengubahnya menjadi energi.

Selain itu, makanan dengan riboflavin baik untuk penghasil sel darah dan diubah menjadi energi dalam tubuh. Makanan dengan kandungan ini terdapat dalam sereal, asparagus, kacang-kacangan maupun brokoli dan juga telur. Makanan dengan kandungan vitamin B6 yang dapat menghasilkan sel darah sehat pada tubuh yang terdapat pada daging merah, biji-bijian, kentang, pisang maupun bayam. Alamat RS PMI Bogor akan memudahkan pendonor melakukan donor darah.
Alamat RS PMI Bogor: Berikut Deretan Makanan Penambah Darah | mariana | 5