IBX592EBC03DC493

Bisnis yang Menggiurkan dari Jual Beli Rumah

Bisnis di bidang properti memang bukan hal baru, namun pelaku di bisnis ini tidak pernah surut bahkan cenderung menjamur. Dengan melakukan markup harga sebelum dijual kembali adalah keuntungan yang bisa kamu ambil. Biasanya kamu bisa mengambil keuntungan yang lumayan besar dan hal tersebutlahyang menjadi daya tarik utamanya. Belum lagi modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar hingga membuat siapapun bisa melakukan bisnis ini.

Bisnis ini tidak mengenal profesi juga gender, semua orang bisa melakukan bisnis jual beli properti.Baik itu ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan juga karyawan yang sudah bekerja di kantoran dan tentunya bisa dilakukan saat waktu luang.

Bisnis yang Menggiurkan dari Jual Beli Rumah

Properti sendiri sebetulnya mencakup banyak hal, selain jual beli rumah tentunya. Ada juga tanah, ruko atau rumah toko, kontrakan, kost, apartemen dan masih banyak lagi. Animo pasar yang semakin besar terhadap kebutuhan papan ini, membuat harga properti terus melonjak. Bahkan menjadi ladang basah bagi mereka yang jeli akan bisnis.

Harga jual beli sebuah rumah, baik itu rumah baru atau rumah lama tidak akan mengalami penurunan yang berarti, bahkan setiap tahunnya justru semakin naik dan mahal. Tidak sedikit terjadi transaksi jual beli rumah, di mana bangunan yang dijual ternyata berada di atas tanah milik negara tapi tetap saja memiliki nilai yang cukup tinggi.

Untuk bisnis properti jual beli rumah sendiri sebetulnya gampang-gampang susah. Terutama jika kamu termasuk pemula dan tidak paham bagaimana menjalankan bisnisnya. Menjual rumah lewat pemiliknya langsung juga tidak serta merta menjadi urusan yang mudah, terlebih bila harga yang ditawarkan terlalu tinggi. Bisa saja rumah laku namun dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sama halnya jika kamu menyewa agen properti, tetap ada proses yang mungkin juga membutuhkan waktu dan biaya. Tapi setidaknya kamu tidak perlu direpotkan dengan urusan tawar menawar yang terkadang menjengkelkan. Kemudian kamu juga tidak perlu memasang iklan sendiri dan cukup menunggu hasilnya saja.

Sementara jika kamu tertarik untuk memulai menjadi pebisnis properti, yang khususnya dalam jual beli rumah atau bangunan. Kamu bisa memulainya kapan saja. Yang jelas, modal awal dari setiap bisnis adalah keberanian. Tidak ada usaha yang bisa berhasil secara instan, kamu harus berani menerima kegagalan, kemudian tekun dan yakin akan pekerjaan yang sedang kamu jalani.

Selain itu, sebaiknya kamu juga mempelajari semua hal yang berhubungan dengan properti, perluas relasi, pahami setiap properti yang akan kamu jual kemudian manfaatkan sosial media sebagai akses untuk berkomunikasi secara online juga untuk memasang iklan yang bisa menjangkau ke seluruh penjuru.

Jika kamu merasa belum percaya diri untuk menjadi pelaku jual beli rumah secara mandiri, kamu juga bisa bergabung dengan perusahaan-perusahaan yang menyediakan agen properti. Kamu pasti akan mendapatkan berbagai pelatihan, agar bisa menjadi agen yang baik dan benar. Ada kelebihan lain dari perusahaan agen properti, karena memiliki badan hukum yang jelas, tidak sedikit pelanggan yang lebih senang dan percaya menggunakan perusahaan penyedia jasa ini.

Namun memang selalu ada kelebihan dan kekurangan, saat kamu memutuskan menjadi pebisnis mandiri atau sebagai agen di perusahaan. Bila di perusahaan, biasanya akan ada target-target yang harus kamu kejar, agar bisa mendapatkan bonus. Sementara jika kamu melakukannya secara mandiri, tidak akan ada target yang harus kamu selesaikan pada tenggat waktu tertentu namun kamu tidak punya bonus, seperti yang ditawarkan perusahaan.

Dan jika kamu tertarik untuk menjadi pengembang atau developer jual beli rumah, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti modal usaha yang cukup besar. Paham akan legalitas dan mengurus berbagai macam bentuk perizinan. Juga paham membuat masterplan sebagai panduan saat akan mengembangkan atau membuka sebuah lahan, agar pembangunan berjalan lancar.

Menjadi pelaku jual beli rumah secara mandiri atau kerap disebut perantara, sebetulnya bisa kamu lakukan tanpa modal. Yang perlu sering kamu lakukan adalah, melihat berbagai iklan di media cetak atau media online kemudian kamu sebarkan kepada orang terdekat atau orang-orang yang kebetulan sedang mencari properti dengan menaikkan nilai jualnya terlebih dahulu.

Untuk pemula, sebaiknya tidak mengambil keuntungan terlalu tinggi, dapatkan dulu kepercayaan dan pelanggan, hingga kelak mereka akan mengambil jasamu lagi untuk memproses jual beli properti yang mereka miliki. Kepercayaan yang terbentuk dengan sendirinya, membuat pelanggan lama akan merekomendasikan kamu kepada calon pelanggan lainnya.Poin lebih tersebut bisa kamu gunakan jika akan memulai membangun perusahaan.

Persaingan di dunia properti juga sama ketatnya dengan bisnis lain. Sebagai catatan, kamu sebaiknya tidak lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan pasar, juga kualitas dari properti-properti yang akan kamu pasarkan. Lakukan proses jual beli rumah dengan penuh kejujuran dan profesional agar kamu bisa menjadi pebisnis yang hebat.
Bisnis yang Menggiurkan dari Jual Beli Rumah | mariana | 5