IBX592EBC03DC493

Cara Klaim Asuransi Mobil

Mobil adalah salah satu barang berharga yang juga harus dijaga dan dirawat. Salah satu cara untuk menjaga kendaraan mobil anda adalah dengan mengasuransikan kendaraan tersebut. Asuransi mobil  bermanfaat untuk mengurangi atau menghilangkan beban resiko yang akan ditanggung oleh pemilik kepada  pihak asuransi apabila terjadi kejadian buruk yang tidak diinginkan terhadap mobil anda.

Berbagai jenis asuransi perlindungan terhadap kendaraan sudah banyak ditawarkan, ada yang menggunakan asuransi comprehensive dimana semua kerusakan baik ringan maupun berat menjadi tanggung jawab pihak asuransi, ada juga jenis asuransi yang akan menjamin kerusakan kendaraan apabila kerusakan diatas 75%. Pemilihan asuransi ini juga harus diperthitungkan dengan frekuensi pemakaian mobil, dimana semakin sering mobil tersebut dipakai maka resiko terjadinya kecelakaan juga semakin tinggi. Pemilihan asuransi juga harus dilakukan secara tepat dan hati-hati, hal ini dimaksudkan  agar anda tidak mengalami kerugian dalam melakukan sebuah asuransi.

Namun, jika anda sudah memiliki asuransi terhadap kendaraaan mobil anda, maka disini akan dibahas mengenai cara klaim asuransi apabila terjadi kecelakaan terhadap kendaraan anda. Anda harus mengetahui syarat dan ketetnuan cara klaim asuransi mobil yang diberlakukan diperusahaan tempat anda melakukan asuransi, hal ini dinilai cukup penting karena bisa saja klaim mobil anda ditolak karena ada beberapa prosedur yang tidak dipenuhi. Setiap perusahaan tentunya memiliki ketentuan yang berbeda-beda agar klaim yang dilakukan konsumen dapat diproses dan dicairkan dananya. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai cara klaim asuransi secar umum.


Cara Klaim Asuransi Mobil

Cara Klaim Asuransi Mobil

• Hubungi perusahaan
Apabila anda menalami sebuah kecelakaan maka anda harus segera menghubungi pihak perusahaan asuransi anda. Pelaporan kejadian kecelakaan tidak  boleh melebihi 3x24 jam, oleh karena itu anda harus sesegera mungkin melaporkan kejadiannya. Anda dapat  melakukan klaim melalui telepon kemudian anda harus menceritakan seluruh kronologi kejadiaannya secara lengkap. Setelah itu, pihak asuransi akan segera mengirimkan pekerja bengkel untuk menangani kendaraan tersebut. Namun, apabila anda mengalami kecelakaan di luar kota, maka anda harus menghubungi kantor perwakilan perusahaan asuransi tersebut agar mobil anda dapat langsung ditangani oleh mereka.  Setelah menghubungi pihak asuransi, anda juga harus mendokumentasikan keadaan kendaraan anda dari berbagai sudut. Dokumentasi dinilai cukup penting karena akan digunakan sebagai bukti yang valid jika anda benar-benar mengalami kecelakaan.

• Menyiapkan dokumen
Langkah selanjutnya adalah menyiapakan selurh dokumen yang diperlukan, biasanya perusahaan akan menenntukan jenis-jenis dokumen yang wajib dibawa saat pengurusan klaim asuransi mobil. Seluruh dokumen persyaratan tersebut harus anda bawaa seluruhnya ke bengkel. Dokumen tersebut adalah fotokopi polis asuransi atau dokumen perjanjian antara pihak konsumen dengan perusahaan asuransi. Selanjutnya,  fotokopi KTP, SIM, dan STNK kendaraan yang di asuransikan. Selain itu, jika anda mengalami kecelakaan dengan pengemudi lainnya lalu anda menginginkan adanya tanggungan klaim dari pengemudi tersebut, maka anda dapat menyertakan fotokopi identitas pengemudi tersebut.

• Datang ke bengkel
Setelah anda melengkapi seluruh dokumen yang diperlukan, maka anda harus menuju bengkel rekanan yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi mobil anda. Setelah menerima aduan dari konsumen, maka pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan dan akan melakukan survey kerusakan. Satu hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan tindakan perbaikan terhadap mobil anda, yakni dengan memastikan bahwa bengkel yang anda kunjungi anda bengkel rekanan yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi anda. Jangan melakukan service atau perbaikan sekecil apapun dibengkel lainnya selain bengkel rekanan perusahaan, hal ini bisa saja berakibat pada penolakan klaim asuransi anda. Oleh karena itu, jika anda mengalami kecelakaan, segera datangi bengkel rekanan untuk menangani mobil anda.

• Mengisi formulir
Setelah penyerahan berkas serta kendaraan anda, maka anda akan diberikan sebuah formulir yang dapat anda isi. Anda harus mengisi formulir tersebut dengan teliti dan sejujur-jujurnya. Formulir tersebut biasanya berhubungan dengan kronologi kejadian yang telah terjadi, jangan mengisi formulir dengan sembarangan. Mengisi formulir harus didasarkan dengan fakta kejadian yang terjadi, seperti halnya lokasi jelas terjadinya kecelakaan, waktu kejadian, serta fakta pendukung lainnya. Anda harus bisa menjelaskan seluruh kronologi kejadiananya secara detail dan lengkap kepada pihak perusahaan.

Oleh karena itu, jangan melakukan klaim jauh-jauh hari setelah kejadian kecelakaan, hal ini dimaksudkan untuk menghindari kelupaan dari pihak konsumen. Namun, jika anda mengalami kecelakaan yang cukup berat, kemudian anda tidak mampu untuk mendatangi bengkel karena harus dirawat dan tidak bisa melakukan klaim sendiri, maka mintalah pihak asuransi mobil agar bisa mendatangi rumah sakit tempat anda dirawat.

Pihak asuransi akan melakukan wawancara kepada pengemudi kendaraan terkait dengan kronologi kecelakaan. Namun, jika hal itu tidak memungkinkan terjadi disebabkan beberapa hal seperti halnya pengemudi mengalami luka berat atau koma, maka wawancara dapat diwakilkan oleh pihak keluarga lainnya yang mengetahui kronologi kecelakaan.
Cara Klaim Asuransi Mobil | Mariyana Yana | 5