IBX592EBC03DC493

Buat Kehidupan Petani Kecil Membaik, RGE Mendapat Penghargaan Atas Program Restorasi


RGE (Royal Golden Eagle), atau yang pertama kalinya dikenal dengan nama Raja Garuda Mas ini merupakan salah satu perusahaan sukses di dunia, yang berkomitmen cukup serius dalam upaya menjaga kelestarian alam. Sudah ada banyak bukti yang bisa diajukan. Salah satunya adalah penghargaan Indonesia Green Awards yang diberikan kepada perusahaan yang didirikan, dan dipimpin oleh Sukanto Tanoto di tahun 2017 kemarin oleh salah satu anak perusahaannya, yakni APRIL Group.


Pada dasarnya keseimbangan iklim memang sudah seharusnya jadi tanggung jawab bagi semua belah pihak, tak terkecuali bagi perusahaan sekalipun. Hal tersebut dikarenakan siapa saja tak akan bisa terhindar apabila ada dampak negatif kerusakan iklim. Oleh sebab itulah, ada berbagai macam cara atau pun langkah operasi perusahaan semestinya lebih memperhatikan faktor tanggung jawab kepada alam.

Menyebutkannya memang tampak begitu mudah, akan tetapi mempraktekkannya akan sangat sulit sekali. Tak mudah menjaga operasional bisnis agar bisa tetap konsisten dalam jalur praktik yang berkelanjutan. Akan tetapi faktanya RGE atau Royal Golden Eagle bisa terus melakukan hal tersebut dengan sangat baik.

Buat Kehidupan Petani Kecil Membaik, RGE Mendapat Penghargaan Atas Program Restorasi


Beda halnya dengan perusahaan lain, perusahaan yang berdiri dengan nama awal Raja Garuda Mas tersebut mempunyai arahan kerja yang sangat spesifik di dalam pemeliharan lingkungan. Hal tersebutlah yang pada akhirnya bisa menjaga operasi perusahaan terus ada di dalam jalur pemeliharaan kelestarian alam.

Arahan kerja tersebut ditetapkan oleh Sukanto Tanoto sebagai pendiri RGE. Dimana ia menggariskan prinsip kerja dalam perusahaan RGE yang dikenal sebagai prinsip 5C. Secara umum, arahan kerja ini sebetulnya dimaksudkan supaya operasi perusahaan bisa memberikan manfaat yang baik kepada pihak lain. Akan tetapi, dikarenakan kerusakaan alam sudah tampak nyata, arahan spesifik mengenai partisipasi aktif dalam menjaga keseimbangan iklim dirumuskan dengan sebaik mungkin. Dengan demikian diharap praktik berkelanjutan dan juga kesadaran dalam menjaga alam jadi salah satu bagian dalam keseharian operasi RGE. Jadi, semua tak hanya kegiatan yang sifatnya seremonial atau pun insidental saja, namun konsisten dan terus menerus.

Adanya arahan kerja tersebut pada akhirnya akan membuat semua unit bisnis yang ada di bawah naungan RGE menjalankan praktik berkelanjutan. APRIL Groupo sendiri yang berkecimpung di dalam industri pulp dan paper ini ternyata juga melakukannya. Hal tersebut yang ternyata membuat mereka mendapatkan penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2017 kemarin. Ini adalah sebuah penghargaan yang digagas La Tofi School Of CSR kepada pihak – pihak yang bisa lakukan kegiatan bertanggung jawab pada lingkungan. Mulai digagas di tahun 2009 silam, anugerah tersebut diberikan kepada perusahaan dan juga pemerintah, baik itu pada tingkatan privinsi maupun kota. Tujuannya adalah untuk mengingatkan bahwa tanggung jawab sosial dari perusahaan atau pun pemerintah dan juga individu harus dimulai dari kesadaran terhadap lingkungan.

Di tahun kemarin setidaknya ada sekitar 31 perusahaan yang masuk dalam daftar calon peraih Indonesia Green Awards. Dimana dari semua itu ternyata APRIL Group mendapatkan penghargaan. Pasti saja ada alasan yang membuat APRIL Group mendapatkan penghargaan tersebut. Anak perusahaan RGE ini melakukan beberapa hal nyata yang dukung kelestarian lingkungan. Dimana dalam kategori tersebut La Tofi School Of CSR menilai APRIL Group berperan besar dalam menjaga keberlangsungan sejumlah spesies di Semenjanjung Kampar. Tak hanya itu, mereka juga menilai dukungan unit bisnis RGE tersebut dalam restorasi ekosistem Riau yang tak bisa dianggap remeh.
Buat Kehidupan Petani Kecil Membaik, RGE Mendapat Penghargaan Atas Program Restorasi | Mariyana Yana | 5