IBX592EBC03DC493

Tips Mix and Match Kayu dengan Unsur Lain

Menggunakan elemen kayu di dalam rumah saat ini sedang menjadi favorit dan trend di kalangan masyarakat. Suasana yang ditimbulkan dari adanya unsur kayu di dalam rumah adalah tentunya terasa lebih alami dan natural. Namun secara bersamaan, di sisi lain kayu juga malah bisa menonjolkan sisinya yang mewah. Terutama beberapa harga kayu yang dapat dikatakan cukup mahal dan tentunya memiliki kualitas yang tinggi dan menambah unsur elegan di dalam rumah. Penggunaan kayu di dalam rumah juga perlu perhatian yang khusus. Apa lagi jika Anda ingin memadupadankan unsur-unsur lain dengan kayu. Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk mix and match unsur kayu agar jadi lebih oke!

Tips Mix and Match Kayu dengan Unsur Lain

Tips Mix and Match Kayu dengan Unsur Lain

Gunakan Warna Lebih Muda
Misalnya, ketika Anda menggunakan unsur kayu di dalam rumah sebagai furnitur, Anda bisa menggunakan unsur kayu juga dengan warna yang lebih muda atau lebih gelap. Anda bisa menyesuaikannya dan membuat gradasi warna. Misalnya, Anda menggunakan dinding kayu dengan warna yang terang, sebaiknya untuk warna dari furnitur kayunya dibuat dengan warna yang lebih gelap atau dibuat lebih terang dari tembok kayu. Kuncinya adalah Anda jangan menggunakan warna yang sama untuk benda yang berbeda. Bahkan, Anda juga bisa mengecat furnitur Anda dengan warna-warna yang lain, seperti putih, abu-abu, biru, bahkan pink! Namun, ketika dicat, pola kayu akan jadi hilang dan tidak terlihat. Anda perlu memperhatikan hal ini.

Ukuran Pola Kayu
Secara alamiah, kayu memiliki corak-corak atau pola khas yang unik dan berbeda antara satu jenis kayu dengan jenis yang lain. Tampilan corak kayu tersebutlah alasan kayu menjadi salah satu unsur favorit di rumah. Kayu sengaja ditampilkan atau diekspos seperti itu karena coraknya yang sangat unik dan berbeda-beda. Termasuk juga berbeda dari segi ukuran pola kayu tersebut. Jika Anda ingin menerapkan konsep skandinavian di dalam rumah, Anda lebih baik menggunakan kayu dengan ukuran coraknya yang lebar dan besar. Pola kayu besar ini juga cocok untuk digunakan di hunian dengan konsep yang santai atau modern.

Benda Tambahan
Ketika Anda ingin membuat konsep rumah dengan furnitur, tembok ataupun lantai yang terbuat dari kayu, nampaknya Anda membutuhkan sebuah benda tambahan. Salah satunya adalah karpet. Sebelum Anda meletakkan furnitur yang terbuat dari kayu pada lantai parket Anda, letakkan karpet terlebih dahulu. Beri Batasan antara furnitur tersebut dengan lantai Anda yang sama-sama terbuat dari kayu.

Jadikan Sederhana
Unsur kayu yang merupakan unsur yang alami akan lebih baik jika dibuat jadi sederhana dan tidak terlalu berlebihan. Dekorlah ruangan dengan sedikit campuran dari elemen lain agar tampilannya terlihat lebih seimbang karena ada perpaduan dengan unsur selain kayu. Tapi tetap, buatlah konsep jadi se-sederhana mungkin. Anda juga bisa membawa tanaman kecil, kaktus misalnya ke dalam rumah.

Berikan Cat
Kata siapa kayu harus selalu tampak natural dan apa adanya? Beberapa jenis kayu malah akan jauh lebih bagus jika Anda mengecatnya dengan beberapa warna selain warna cokelat. Misalnya warna putih yang akan memberikan kesan yang elegan pada kayu. Tak hanya warna putih, Anda bisa mengecatnya sesuai dengan keinginan Anda atau sesuai dengan konsep desain ruangan Anda. Misalnya, menggunakan cat warna-warna pastel seperti pink muda, biru muda atau hijau muda untuk di kamar anak Anda agar jadi lebih manis.
Tips Mix and Match Kayu dengan Unsur Lain | Mariyana Yana | 5