IBX592EBC03DC493

Penjelasan dan Ciri Naskah Drama

pernah enggak sih kalian waktu sekolah main drama gitu ? Mungkin kalau di ingat-ingat lucu juga yah. Nah dalam artikel ini kita akan coba mengulas tentang berbagai macam naskah drama. Mulai dari naskah drama komedi, naskah drama persahabatan, naskah drama pendidikan, naskah drama kehidupan sehari-hari, naskah drama cerita rakyat, naskah drama bahasa jawa, dan naskah drama di sekolah.

naskah drama


Sebelum kita ke contoh teks drama. Sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu teks drama. Nah berikut ini akan akan mulai mengulas dari pengertian drama, jenis-jenis drama, unsur-unsur drama, ciri-ciri drama.

Drama merupakan sebuah karya sastra yang ditulis dalam bentuk percakapan, obrolan, dialog, dan nantinya akan dipentaskan atau akan dipertunjukkan di depan orang banyak.  Naskah Drama juga biasa disebut dengan teater.

Jadi singkatnya, drama adalah cerita yang disajikan dalam bentuk percakapan dan gerakan yang akan dipentaskan di atas panggung atau di lokasi-lokasi tertentu. Ada beberapa jenis drama yang biasa digunakan, tergantung dari dasar yang digunakannya. Dalam bentuk pembagian drama, biasanya digunakan 3 dasar, yakni berdasarkan penyajian kisah drama, berdasarkan keberadaan naskah drama tersebut dan berdasarkan sarana.
Penjelasan dan Ciri Naskah Drama | Mariyana Yana | 5